Alhamdulillah serta puji syukur saya ucapkan pada ALLAH SWT yang telah melancarkan doa saya.
saya pengguna honda new blade 2011, sejak awal menggunakan motor ini merasa cukup puas dengan peforma standarnya, tapi karena hasrat merasa Kurang Greget" akhirnya inyong coba untuk mencari cara mengoprek mesin motor ane ke bengkel.
Lika-liku inyong hadapi, cielah lebay amat, haha..
-awal mula tertarik dari coba-coba ubah peforma melalui setting Karburator, ganti Koil Kaze, Busi platinum, dan hasilnya lumayan terasa.
-lalu dilanjutkan dengan menggunakan knalpot bobokan tetapi cuma buang-buang duit, power gak kerasa mungkin faktor tempat bobokya yang kurang joss ya?
-dilanjutkan dengan menaikan kompresi melalui metode piston jenong vario 110, dan hasilnya lumayan terasa.
Lama-lama ane jadi bosen juga dengan peforma blade yang cuma segitu-gitu saja.. Lalu inyong tanya lagi ke bengkel rujukan dari temen (emang dokter toh, hehe).
inyong: "mas mau modif mesin lagi"
mamas: "oalah, bukannya kemarin udah ganti piston, udah habis berapa duitmu, sambil heran"
inyong: "ane mau upgrade mesin beneran mas, yang kerasa greget"
mamas: "kalo mau oke, jangan tanggung-tanggung, duit habis banyak tetapi hasillnya setahap-tahap, mending papas KEM std, Porting Polish, CDI BRT Hyperband, Oversize100, dijamin lebih oke"
tanpa panjang lebar inyong bertanya: wani piroh, hhehehe...
Langkah Pertama, 113,5cc - 51MM Oversize 100 (piston honda vario ori os100)
dipilih piston honda vario karena bentuk piston lebih jenong(tidak cekung) dan pin nya sama-sama 13, sehingga cc meningkat menjadi 113,5cc, dan kompresi 10:4:1(aman buat touring).
Langkah Kedua, Porting & Polish Head dan Leher Angsa Karbu
effisiensi volume metrik, biar lebih greget :p
Gambar Sebelum Di Porting & Polish
dipilih karena murah dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan pengapian motor, serta unlimiter.
Langkah Keempat Papas Kem 0,9MM, Per Klep smash.
Karena Keterbatasan Part, kami percayakan pada tuner KEM professional untuk urusan ini, biar buka tutup klep seirama dengan kebutuhan mesin, tak lupa aplikasi Per Klep Smash biar klep nya gak saling tubruk pasca lift kem naik.
Ubahan Diatas membutuhkan upgrade spuyer std 1-3 step dan power belum diukur dengan Dynotest(tunggu update selanjutnya).
Oversize100 + Reamer Silinder Rp130.000
Papas Kem Rp200.000
Porting & Polish In Ex Leher Rp225.000
CDI BRT Neo Hyperband Rp430.000
Per klep Smash Rp16.000
Knalpot AHM Malaysia Rp250.000
Jasa Bongkar Pasang Rp100.000
Total: Rp1.351.000
Permisi gan..
BalasHapusSaya mau nanya,klo kita krn kebutang punya new blade jg,,
Apkah cdi blade old dg new blade itu sama konektornya?
sama banget gan..
BalasHapus
HapusBerarti tinggal colok ya gan? Tak perlu ganti conektorny...
Mlm guys tlong ksh solusi y. W pnya mtor new honda blade tp dah d pkein kopling tp kopling mtor w keras y jd ngeri dan boros bntar bntar gnti kabel kopling cba bantu y klo bsa bls via sms k no w 089695081979 a/n M. Rizky thanks d tunggu y
BalasHapusbro..itu yang garap bengkel mana??
BalasHapus