Rabu, 15 Mei 2013

Kompresi Blade std Naik Tanpa Papas Head & Bore Up(piston vario).





MOTOR Plus saksikan sendiri dua bengkel umum memilih piston Honda Vario untuk Blade, bisa juga Beat/Scoopy. Penggunaan piston Vario di Blade, Beat/Scoopy punya hasil plus-minus. Sisi bagusnya bisa langsung terasa kompresinya naik. 


Dari perbandingan harga seher Blade yang lebih mahal sekitar Rp 10.000 daripada piston Vario. Harga yang lebih murah juga lebih sip buat akselerasi dibanding pakai piston standar Blade. kata Johny Holle, pemilik dan mekanik Johny Holle Motor dari bilangan Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat. 


Ok, sepakat juga tuh kalau kemungkinan kompresi Blade dengan mencaplok seher Vario jadi naik. Perbedaannya jelas banget dari profil kepala piston Vario yang jenong, sedang seher Blade cekung. 


“Diameter dan squish areanya sama. Artinya, pemasangannya enggak ada yang mesti disesuaikan,” ujar Endro Sutarno dari Technical Service Training Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta Utara. 

Perubahan profil kepala piston Vario yang tinggi dipastikan juga mengubah spesifikasi kompresi ruang bakar Blade. Kata Endro lagi, kemungkinan akan jadi mendekati kompresinya Vario. Perbandingan kompresi Blade 9,0:1, sedang Vario mencapai 10,7:1. 

“Seandainya naik jadi 10,5:1, ada risikonya, meski akselerasi jauh lebih baik,” pasti Endro yang berkantor di kawasan Sunter, Jakarta Utara. 

Dengan kompresi yang lebih tinggi dibanding standar, Blade, Beat/Scoopy pakai piston Vario otomatis akan menimbulkan panas yang tinggi juga. 

Nah, seandainya lebih panas suhu mesin setelah menggunakan seher Vario di Blade, Beat/Scoopy kudu pendinginan tambahan. “Makanya kenapa Vario dikasih pendingin radiator, tapi Scoopy tanpa radiator? Salah satu alasannya kompresi Vario terbilang tinggi dengan cc yang kecil. Belum lagi desain skubek cenderung menutup jalur angin ke mesin,” ulas Endro.  

Mesin yang lebih panas, apalagi dipakai harian dengan jarak tempuh yang jauh, berarti akan berisiko bikin tenaga turun. Seandainya power turun berarti malah jadi rugi. “Kompresi jadi lebih tinggi juga akan bikin komponen lainnya pendek. Minimal bearing di kruk-as,” ulas Endro. 

Kalau mau lebih bagus lagi dibarengi dengan bensin yang punya angka oktan lebih tinggi. Misalnya menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

36 komentar:

  1. gimana kalau revo 100cc dikasih piston vario gan??
    apa perlu pake pendingin juga tuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya terlihat orisinil motorny pakai oil cooler fu

      Hapus
    2. Bang mau tanya saya punya absolute revo kalau dikasih seker sonic ov 100 di bore up linernya habis apa masih ada??,dan linernya bisa aus apa enggak??,,makasih semoga sukses slalu

      Hapus
  2. gak perlu kasi pendingin gan cukup bodynya d lepas aja biar udara bs mendinginkan mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas, saya punya honda revo absolute, tapi saya pakai piston vario, bisa gak?

      Hapus
    2. Haha bener gan . d lepas smua body.nya biar adem

      Hapus
  3. tu resikonya fatal gk lw d bwa touring????
    klau pk piston beat prubhanya trasa gk bos????

    BalasHapus
  4. kuat kok tng aja, cb pake pertamax aja.

    BalasHapus
  5. Piston beat sama diameter nya dengn piston vario ya om?

    BalasHapus
  6. sama persis gan, piston blade 110, vario, revo, bahkan grand, supra 100 sama..
    diameter 50mm, pin 13

    BalasHapus
  7. Bagaimana klo soul gt pake piston vario gan?
    Soalnya saya pake pnya beat karbu agak mendem 1mm

    BalasHapus
  8. gan, ane punya blade 125 bisa gak ganti pakai piston vario/scoopy? kebetulan ring sehernya pecah nih. sekalian ganti...

    gak ngerti kenapa bisa rusak. oli tiap gajian ganti. jarak rumah - kantor 20an kilo. bensin always pertamax...

    BalasHapus
    Balasan
    1. blade 125 sama kyk vario 125 Ø 52,4 pin 13, pecah atau patah gan? bisa karena banyak faktor tuh

      Hapus
  9. Gan kalo blade 110 pake piston beat os100 kompresinya naik berapa ya

    BalasHapus
  10. Gann aye mau nyk..
    Aye punya revo abs
    Klok pke piston sonic 58 mm..
    Liner yg cocok pke apa gan..
    Mohon infony y gan..
    Mksiii.

    BalasHapus
  11. gan kalo pake piston FIM IZUMI gmn? plug and play kah?

    BalasHapus
  12. Gan kalu beat karbu pake piston vario apakah harus di bubut atau engga piston nya?

    BalasHapus
  13. Gan ane pake supra125 karbu ,kebetulan ring seger udah kena nih , rencana mau tak pakein seger vario125 , itu pnp kah ? Yg ane tanyain tinggi piston vario 125 dengan supra 125 sama tidak kalau di ukur dari lubang pen piston ? Takutnya menang jenong doang tp malah lebih pendek dari ORI Supra , mohon dijawab secara rinci ya gan

    BalasHapus
  14. an ane pake supra125 karbu ,kebetulan ring seher udah kena nih , rencana mau tak pakein seher vario125 , itu pnp kah ? Yg ane tanyain tinggi piston vario 125 dengan supra 125 sama tidak kalau di ukur dari lubang pen piston ? Takutnya menang jenong doang tp malah lebih pendek dari ORI Supra , mohon dijawab secara rinci ya gan

    BalasHapus
  15. Sya pakai mtr absolute revo tpi piston vario
    Tpi mtor gk bisa jaln jauh
    Klo jln jauh atau pns tnaga nya gk ada sma skli
    Trus solusi nya gmna ya ??

    BalasHapus
  16. Sya pakai mtr absolute revo tpi piston vario
    Tpi mtor gk bisa jaln jauh
    Klo jln jauh atau pns tnaga nya gk ada sma skli
    Trus solusi nya gmna ya ??

    BalasHapus
  17. Kalo pake pistom fim std juga bagus buat revo harian

    BalasHapus
  18. Kemahalan gak, pake yg mutah meriah aja

    BalasHapus
  19. Kalo pakek piston Vario dibawa jarak jauh bahaya gak

    BalasHapus
  20. Gan motor blade 125 operses 75.. mau ganti piston vario nya yg ukuran
    berapa

    BalasHapus
  21. Gan motor revo absolut di kasih piston vario 125 oversize 25 buring masih aman nggak gan..

    BalasHapus
  22. Saya punya motor blade 110.agar tenaga bisa lebih dr standar bagusnya pakai seher apa gan..makasih infonya

    BalasHapus
  23. Gan aku punya blade sudah operse 50. Trus klw mau pake viston vario. Ukuran berapa?

    BalasHapus