Belum puas dengan power mesin bawaan Honda Blade atau
absolute Revo? Ternyata mesin standar bawaan pabrik Honda ini masih bisa
dimaksimalkan. Hanya dengan sedikit ubahan, tenaga yang mampu digapai
pun meningkat cukup lumayan. Asiknya lagi, buat yang perhatian dengan
garansi dealer gak perlu takut garansi motor-nya bakal hilang karena
menerapkan trik ini. Lho, kok bisa?
Ya, karena trik buat upgrade power mesin Honda Blade ini
cukup main setelan klep saja maka tenaga pun pasti berubah. Klep yang
dimaksud disini yaitu memainkan clearance, mengkombinasikan celah klep
dengan ukuran yang berbeda untuk klep masuk dan klep buang. Dari hasil
uji dengan alat Dynotest, peningkatan power memang terbukti.
Yang perlu diketahui, setelan klep standar honda Blade dan
absolute Revo adalah 0.10mm, baik untuk masuk maupun buang. Sehingga
perlu dirubah kombinasinya untuk klep masuk dan buang agar terjadi
perubahan karakter mesin. Tentu dengan ubahan stelan klep ini akan
berpengaruh antara lift dan durasi buka dan tutup klep melalui durasi
noken as. Otomatis isapan bahan bakar – udara oleh piston pun berbeda
dan mampu merubah karakter mesin.
Data ukuran celah klep yang dijadikan kombinasi adalah 0,08mm ,
0,10mm , 0,12mm , 0,15mm dan 0,17mm. Dari data tes didapat perbedaan
karakter mesin. Tinggal pilih saja, ingin kejar top speed atau
akselerasi perkotaan. Top speed identik dengan power besar sedangkan
akselerasi identik dengan torsi yang dicari. Jadi mudah untuk
menentukan celah klep yang paling pas dengan kebutuhan kita.
Data hasil dyno test –nya bisa dilihat di tabel berikut :
Trik mengenai upgrade power mesin Honda Blade ini sendiri pernah dimuat di Tabloid OtoPlus edisi 40/VII, 29 Maret – 4 April 2010 dengan Narasumber HKU Racing Motorspot Surabaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar